Strategi membangun relasi bisnis dan sehari-hari

Saya sedang membaca sebuah buku menarik yang mengupas tentang 35 Strategi membangun relasi bisnis dan sehari-hari ditulis oleh Jeffrey W.Meshel. Disini, saya ingin share beberapa yang dituliskan  dalam buku tersebut dan saya yakin mudah diaplikasikan buat kita selaku insan yang senang dan ingin mengembangkan bisnis.

Strategi membangun relasi bisnis dan sehari-hari yang disajikan oleh seorang Jeff begitu mudah dimengerti dan dapat membantu kita untuk lebih berpikir bahwa “Saya bisa melakukannya dengan belajar, kemudian berpengalaman dan sukses menjalaninya secara konsisten”

Apa harus ada Strategi membangun relasi bisnis dan sehari-hari ? seberapa penting kah? apakah menjamin kesuksesan ? Kesemua pertanyaan itu jelas jawabannya adalah YA..!!

“Apa yang anda tahu akan bermanfaat bagi orang yang Anda kenal. Apa yang Anda tahu akan mempengaruhi keberuntungan yang akan Anda dapatkan.” Seorang Jeff mendorong anak-anak SMA untuk bekerja di bisnis retail agar mereka dapat belajar berinteraksi secara nyaman dengan customer dilingkungan bisnis. Pengalaman ini sangat penting. Hampir semua eksekutif yang berpengalaman di bisnis ritail akan mengatakan pada Anda betapa pentingnya pengalaman itu. Apa yang tampak sebagai pekerjaan rutin itu akan mempertajam persepsi, cara berkomunikasi dan pemahaman terhadap customer. Pengalaman ini akan menanamkan rasa percaya diri, yang akhirnya akan meningkatkan kenyamanan Anda dalam berhubungan dengan customer.

“Buatlah agar orang yang Anda ajak bicara merasa dirinya adalah orang terpenting yang pernah Anda temui (tentu saja ini relatif)” Seorang Jeff menyampaikan kepada keponakan istrinya, agar selalu bersikap ekstra sopan, mengenal produk yang dijualnya (seperti hidangan yang disiapkan oleh koki), dan harus mengetahui masakan mana yang benar-benar lezat. Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain ibarat menabur benih. Semakin banyak benih yang Anda tabur, semakin banyak hasil yang akan Anda tuai. Dalam karir bisnis, saya telah menuai beberapa hasil. Benih yang Anda tabur sering tumbuh di tempat yang tidak terduga. Anda tidak akan pernah tahu dimana benih itu akan mendarat.

“Pada setiap tahapan baru dalam hidup kita, kita bukan ‘lulus dari’ , melainkan ‘lulus untuk'”Jika Anda menjual produk atau jasa, Anda mungkin ditugaskan untuk menelepon seseorang dengan harapan Anda berhasil membuat orang itu membeli apa yang Anda tawarkan. Pengalaman ini penuh rasa keterguncangan dan penolakan. Walau begitu, ketika Anda menerima hasil pertamanya, kepuasan yang Anda dapatkan akan terasa menyenangkan. Itulah pondasi untuk mendapatkan customer.

“Penilaian bagus datang dari pengalaman. Pengalaman datang sebagai hasil dari penilaian buruk” Mengapa Anda tidak berhasil menarik perhatian orang yang sedang Anda ajak bicara? JIka Anda terus menerus ditolak, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil? Bagaimana Anda dapat mengubah kata tidak menjadi mungkin , dan kata mungkin menjadi ya ? Jawabannya ada di sekitar membangun teknik penjualan yang baik, misalnya mampu “membaca” orang yang Anda ajak bicara dan bereaksi sebagaimana mereka bereaksi terhadap Anda.

Sumber : Secret of a Master Networker, Jeffrey W. Meshel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s