Tujuh Kualitas Diri Seorang Juara Penjualan

Tujuh Kualitas Diri Seorang Juara Penjualan ini ditulis oleh Patrick Leroux. Penjualan senantiasa berubah dan berkembang, demikian juga dengan konsumen. Perubahan yang terjadi seringkali sangat cepat, bahkan diluar dugaan anda sebelumnya.

Karir penjualan anda tidak akan bertahan lama kecuali bila telah memiliki pola pikir yang benar. Anda dapat pelajari semua teknik penjualan di dunia, tetapi pada akhirnya yang membuat penjual menjadi hebat adalah Tujuh Kualitas Diri Seorang Juara Penjualan berikut ini :

1. GAIRAH, jika ingin berhasil dalam dunia penjualan anda perlu memiliki gairah terhadap dua hal yaitu Anda harus bergairah terhadap orang lain (jika anda bukan orang yang suka bergaul serta tidak suka bertemu dan berada disekitar berbagai macam orang, jangan pernah berpikir untuk berspekulasi dalam karir menjual) dan Anda perlu bergairah pada produk atau jasa yang anda jual (apakah anda mencintai produk atau jasa yang sekarang anda jual? jika iya, bagus. Jika tidak, pergilah menjual yang lainnya).

2. ORIENTASI PADA SASARAN, disetiap awal tahun, awal bulan, setiap bulan dan bahkan setiap hari, memiliki sasaran personal spesifik yang ingin dicapai. Mengapa? karena memiliki sasaran spesifik yang ingin dicapai, dengan alasan tersebut terlihatlah karir dibidang penjualan sebagai kendaraan yang memungkinnya meraih sasaran personalnya. Sasaran pribadi, byk orang berpikir bahwa uang adalah motivator terkuat. Uang bukanlah motivator kecuali anda mengetahui apa yang akan anda lakukan dengan uang tersebut! Sasaran pribadi yang jelas merupakan motivator dan uang adalah hasil.Tuliskan sasaran anda, bacalah setiap minggu dan visualisasikan setiap hari. Untuk menciptakan keseimbangan hidup, seorang penjual harus menuliskan sasarannya untuk semua aspek kehidupannya : finansial, fisik, emosi, spiritual, intelektual, sosial dan material. Mulailah tulis sasaran anda sekarang! Jangan menunda. Sasaran Penjual Profesionalsemakin banyak orang yang anda sentuh (hubungi atau temui), maka semakin banyak penjualan yang akan anda buat.

3. KEPERCAYAAN DIRI, yakin!! tanpa sedikit pun keraguan, dapat mencapai kesuksesan penjualan yang layak didapatkan. Ketika menemui calon pelanggan, mega bintang penjualan tidak berharap untuk mendapatkan penjualan, tapi sudah berasumsi bahwa penjualan telah terjadi. Mengapa kepercayaan diri yang besar dimiliki seorang penjual menjadi sangat penting? Karena jika anda seorang penjual yang baik, anda akan bertemu dengan banyak orang, dan jika anda bertemu banyak orang, anda akan sering kali ditolak. Semakin banyak orang yang anda temui dan ajak bercakap/berbincang, semakin banyak penjualan yang anda hasilkan. Karena dalam menghadapi banyak penolakan, anda perlu memiliki kepercayaan diri yang kuat. Juara penjualan adalah orang yang tidak melihat penolakan secara personal, krn menyadari bahwa yang ditolak bukan penjualnya, melainkan penawarannya. Ketika seorang calon pelanggan mengatakan “tidak”, juara penjualan berkata “berikutnya!”

4. TANGGUNG JAWAB, juara penjualan akan merasa bahwa mereka bertanggung jawab 100% terhadap hasil. Mereka tidak menyalahkan siapa pun selain diri mereka sendiri ketika tidak mencapai sasaran. Jika anda tidak menyukai hasil penjualan anda sekarang, bertanggungjawablah dan belajarlah dari kesuksesan tenaga penjual lainnya tentang cara-cara baru untuk meningkatkan diri dan mengubah pendekatan sampai anda berhasil.

5. SIKAP POSITIF, anda perlu bersikap positif menghadapi kesulitan. Mengapa? karena dalam penjualan, seberapapun baiknya anda, kesulitan tidak akan dapat dihindarkan. Menjual terkadang seperti mengendarai roller coaster, adakalanya berada diatas dan adakalanya dibawah. Memiliki sikap positif pada saat diatas adalah mudah. Hal terpenting adalah apa yang akan anda lakukan pada saat dibawah.Seringkali penjual dengan mudah merasa patah semangat ketika tidak mencapai target, sangat mudah menyerah, berhenti mencari calon pelanggan. Namun, seorang juara penjualan memiliki cara lain untuk reaksi terhadap kesulitan, mereka tidak menyalahkan keadaan diluar untuk hasil buruk yang mereka peroleh dan mereka tidak berdiam ditengah masalah, mereka fokus pada solusi. Setiap masalah dalam kehidupan merupakan suatu persepsi. Masalah selalu bergantung pada cara anda melihat suatu situasi.“Memiliki sikap positif mungkin tidak cukup untuk menutup penjualan, tetapi penjualan memiliki kemungkinan terjadi yang lebih besar jika anda memiliki sikap positif”.

6. MEMBANGUN HUBUNGAN, dalam dunia perdagangan dimana kebanyakan produk telah menjadi komoditi, salah satu cara terbaik untuk membedakan diri anda dari pesaing adalah dengan menanamkan hubungan baik dengan klien anda. Ini berarti memberikan perhatian. Memberikan perhatian berarti menunjukkan minat pripadi pada tujuan, kebutuhan, ekspektasi dan keinginan klien anda.

7. KEGIGIHAN adalah kemampuan untuk menjaga usaha dan kekuatan untuk bertahan. Kebanyakan, klien memerlukan lima atau tujuh kali pertemuan (via iklan, email, sms, telpon, fax atau tatap muka) sebelum mampu mengamili keputusan. Masalahnya adalah kebanyakan penjual tidak mampu melakukan tindaklanjut dengan baik. Kebanyakan penjual akan meninggalkan proses setelah dua kali berusaha. Selama ini sebagian besar penjualan tidak dihasilkan oleh penjual terbaik, tetapi oleh penjual yang gigih dalam menghadapi calon pelanggan hingga terjadi penjualan.

Tujuh Kualitas Diri Seorang Juara Penjualan ini hanya bermanfaat jika anda mempraktikannya.Cintai apa yang anda lakukan, miliki sasaran, yakinkan diri anda, dan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap hasil yang anda peroleh. Selalu menjaga sikap positif, tanamkan dalam hubungan dengan klien anda dan jangan menyerah!!

kutipan buku “Sales Gurus Speak Out” Patrick Leroux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s